Penilaian otentik adalah
penilaian yang menuntut siswa mampu mengimplementasikan keterampilan yang telah
dikuasainya secara konkrit kedalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, daya kerja
seseorang yang paginya sarapan dengan daya kerja seseorang yang paginya hanya
meminum air putih saja, mengapa? Air putih mengandung mineral diantaranya
magnesium, sodium, kalsium, kalium, dan bikarbonat yang dapat membantu
metabolisme dalam tubuh.
Menurut Santoso (2004), Beberapa karakteristik penilaian
otentik adalah sebagai berikut:
a. Penilaian merupakan bagian dari
proses pembelajaran.
b. Penilaian mencerminkan hasil proses
belajar pada kehidupan nyata.
c. Menggunakan bermacam-macam
instrumen, pengukuran, dan metode yang sesuai dengan karakteristik dan esensi
pengalaman belajar.
d. Penilaian harus bersifat komprehensif dan
holistik yang mencakup semua aspek dari tujuan pembelajaran.
Sedangkan Nurhadi (2004), mengemukakan bahwa
karakteristik authentic assesment adalah sebagai berikut:
a. Melibatkan pengalaman nyata
(involves real-world experience)
b. Dilaksanakan selama dan sesudah
proses pembelajaran berlangsung
c. Mencakup penilaian pribadi (self
assesment) dan refleksi
d. Yang diukur keterampilan dan performansi,
bukan mengingat fakta
e. Berkesinambungan
f. Terintegrasi
g. Dapat digunakan sebagai umpan
balik
h . Kriteria keberhasilan dan
kegagalan diketahui siswa dengan jelas
Tujuan penilaian otentik itu sendiri adalah untuk:
1) menilai kemampuan individu melalui tugas tertentu,
2) menentukan kebutuhan pembelajaran,
3) membantu dan mendorong siswa,
4) membantu dan mendorong guru untuk mengajar yang lebih baik,
5) menentukan strategi pembelajaran,
6) akuntabilitas lembaga, dan
7) meningkatkan kualitas pendidikan
Prinsip dari penilaian otentik
adalah sebagai berikut:
a. Keeping track, yaitu harus mampu
menelusuri dan melacak kemajuan siswa sesuai dengan rencana pembelajaran yang
telah ditetapkan.
b. Checking up, yaitu harus mampu
mengecek ketercapaian kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran.
c. Finding out, yaitu penilaian
harus mampu mencari dan menemukan serta mendeteksi kesalahan-kesalahan yang
menyebabkan terjadinya kelemahan dalam proses pembelajaran.
d. Summing up, yaitu penilaian harus
mampu menyimpulkan apakah peserta didik telah mencapai kompetensi yang
ditetapkan atau belum.
untuk soal tes berupa pilihan ganda dan soal berupa uraian,menurut putri manakah yang lebih otentik
BalasHapus